Dishub Muba

Sejarah Singkat Dishub Muba

Dinas Perhubungan Kabupaten Musi Banyuasin adalah unsur pelaksanaan pemerintah daerah di bidang Perhubungan sesuai dengan kewenangan dalam pembagian urusan Pemerintah Daerah serta berdasarkan peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Dinas Perhubungan Kabupaten Musi Banyuasin dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

Dinas Perhubungan Kabupaten Musi Banyuasin pertama berdiri pada tahun 1980 dan bukan bernama Dinas Perhubungan Kabupaten Musi Banyuasin tetapi melinkan sub Cabang Dinas yang bertempat dipasar Sekayu Musi Banyuasin. Pada tahun 1983 Dinas Perhubungan beruba nama menjadi Cabang Dinas IX LLAJR (Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya) Kabupaten Musi Banyuasin yang bertempat di Petro Musi banyuasin Building yang sekarang. Selama masa cabang Dinas Perhubungan Musi Banyuasin dipimpin oleh Kepala Cabang  Dinas.

Pada tahun 1983 pembangunan kantor Dinas Perhubungan sekarang selesai dibangun. Pada saat Dinas Perhubungan berstatus sebagai Cabang Dinas, sebutan untuk para pegawai adalah instansi vertikal atau tingkat I diperbantukan di tingakat II.

Tahun 2001 cabang Dinas IX LLAJR (Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya) Kabupaten Musi Banyuasin berganti nama menjadi Dinas Perhubungan Kabupaten Musi Banyuasin dan masuk menjadi Otonomi Daerah, setelah menjadi Dinas Perhubungan, pergantian Kepala Dinas telah mengalami 4 (empat) kali pergantian, serta pada tanggal 07 Februari 2014.

Pada awal Kemerdekaan Republik Indonesia, Kantor Dinas Komunikasi dan Informasi Sumatera Selatan sudah ada untuk pertama kalinya dengan nama Departemen Penerangan. Tahun 1975 Departemen Penerangan Kabupaten       Musi Banyasin untuk pertama kalinya didirikan dengan Bupati Awam dan Kepala Departemen penerangan Kabupaten Musi Banyuasin yang dipimpin oleh Bayumi Hasan. Pada tahun 2000 sampai dengan 2008 Departemen Penerangan diganti nama menjadi Informasi dan Komunikasi dimasa kepemimpinan Ir. H. Alex Noerdin, SH dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Syarifidin R, BA dan berakhir pada tanggal 27 Agustus 2008. Informasi dan Komunikasi pada         tahun 2008 dirubah lagi menjadi Komunikasi dan Informatika sampai dengan kepemimpinan Bupati H. Pahri Azhari dengan kepala Dinas Yuliansyah, MM. pada tanggal 15 Maret 2010 H. Yuliansyah diganti Drs. Suandi dan pada tanggal 16 Agustus 2012 kepemimpinan diganti lagi oleh bapak H. M. Soleh Na’im,      SE., MM sampai dengan tahun 2014. Akan tetapi memasuki awal tahun 2017 tepatnya pada tanggal 23 januari 2017 Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika dipisah kembali, sehinggaDinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika berubah lagi menjadi Dinas Perhubungan sampai dengan sekarang.

Dinas Perhubungan Kabupaten Musi Banyuasin sekarang yang beralamatkan di Jl. Kol. Wahid Udin Lk. VII sekayu Kabupaten Musi Banyuasin yang sekarang dipimpin oleh bapak H. Pathi Riduan, SE, ATD, MM sampai sekarang. Dinas Perhubungan Kabupaten Musi Banyuasin masih berada dibawah naungan Pemerintah Daerah Kabupaten Musi Banyuasi. Pada umumnya Dinas Perhubungan memikiki beberapa bidang yang mengatasi masalah pada       masing-masing bidang tersebut.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial